Laman

Jumat, 10 Mei 2013

Mengenal Fitur ABS Pada Rem


 INFO PEMESANAN :
DANNY_NISSAN
085246021220 / 05427189440
PIN BB 27CBC6CC



Anda tentu sering mendengar istilah ABS (Anti-lock Breaking System), namun apakah Anda tahu apa sebenarnya ABS itu? Apakah fungsinya? Bagaimana cara bekerjanya? Bagaimana kita tahu bahwa fitur itu berfungsi atau tidak? Berikut penjelasan singkat mengenai piranti keselamatan ABS.

Anti-Lock Breaking System (ABS) adalah sebuah fitur tambahan pada rem yang memungkinkan pengemudi untuk mengendalikan mobil saat pengereman mendadak. Sistem ini mencegah roda untuk mengunci sepenuhnya saat pengereman. Hal ini menjadikan kendaraan bisa dikendalikan saat melakukan pengereman. Dengan kata lain, ABS meningkatkan kontrol kendaraan dan bisa membuat jarak pengereman menjadi lebih pendek.

Sejak tahun 2007, ABS telah menjadi fitur standar pada kendaraan produksi terbaru dari berbagai jenis dan merk yang dipasarkan di Eropa. Versi terbaru ABS bahkan tidak hanya mencegah penguncian roda saat pengereman, tetapi juga mampu mengendalikan secara elektronik pendistribusian kekuatan pengereman ke empat roda, depan dan belakang. Fungsi ini kemudian dikenal dengan beberapa nama lain seperti Electronic Breakforce Distribution (EBD), traction control, emergency break assist, atau Electronic Stability Control (ESC)

Pada versi awal, saat bekerja, ABS akan menyebabkan pedal rem agak bergetar. Hal ini disebabkan karena ABS secara otomatis melakukan pengereman dengan cara memompa. Ini untuk mencegah terjadinya penguncian roda. Namun pada versi terbaru, getaran ini sudah sangat berkurang. Untuk memaksimalkan kerja ABS, rem harus ditekan terus sampai mobil benar-benar berhenti.

Selain itu, kita bisa mengetahui ABS sedang bekerja yaitu saat pengereman mendadak pada kecepatan tinggi setir masih bisa dikendalikan. Ban juga tidak akan meninggalkan jejak di aspal setelah direm. Jarak pengereman juga semakin pendek dan ban tidak akan botak pada bagian tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar