Laman

Senin, 17 Februari 2014

Sering Kejeblos Lubang, Kaki-kaki Mobil Harus "Diurut"!

INFO NISSAN BALIKPAPAN

DANNY ARIESTIAN
0852 4602 1220 / 0542 7189 440

PIN BB 73E84A2B

  • Sumber : - | Author : Donny Apriliananda
    Proses spooring dengan sensor dan komputer di Tirezone.
  • Sumber : - | Author : Donny Apriliananda
    Proses balancing ban mobil untuk menyamakan bobot. DItambah timah agar seimbang satu sama lain.
  • Sumber : - | Author : Donny Apriliananda
    Proses spooring dengan sensor dan komputer di Tirezone.
Jakarta, KompasOtomotif — Lubang yang menyebar akhir-akhir ini karena banjir di berbagai ruas jalan menjadi momok seram bagi kaki-kaki mobil. Tak hanya komponen suspensi dan ban yang harus menahan beban makin berat, posisi roda jadi berubah. Untuk yang terakhir, solusinya membawa mobil ke bengkel khusus, spooring dan balancing.Menurut Abdi dari Tirezone Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, ini adalah keselarasan dan keseimbangan keempat roda. Spooring untuk menyelaraskan posisi roda kanan dan kiri supaya tidak limbung dan berat sebelah. ”Kalau balance, roda tidak bergetar (dirasakan disetir) pada kecepatan tertentu. Penyebabnya bobot roda tidak seimbang di setiap lingkar roda," urainya kepada KompasOtomotif.

Ingin tahu ciri-ciri kaki-kaki mobil yang sudah harus ”diurut” melalui spooring dan balancing? Inilah penjelasan Abdi:

1. Setir bergetar pada kecepatan tertentu, biasanya mulai terasa di atas 80 kpj. Getaran itu bahkan kadang sampai ke penumpang belakang dengan bunyi-bunyian ban yang tak seimbang. Jika dibiarkan, maka ban akan gundul pada bagian tertentu.

2. Mobil tiba-tiba berjalan miring, padahal setir lurus.

3. Tiba-tiba setir lebih dominan ke kiri atau kanan. Bila dilepas, maka mobil mengarah ke satu sisi. Jika ini terjadi, maka periksa dulu tingkat keausan ban. Ini bisa terjadi gara-gara kebotakan ban tidak merata. ”Kalau bukan ban, berarti mobil harus di-spooring,” tukas Abdi.

4. Posisi setir sentral. Untuk mengetahuinya, luruskan posisi setir sesuai logo merek. Jika sudah merasa lurus, tapi mobil tetap berbelok sendiri, ya harus di-spooring.

5. Ketika membelokkan mobil, tiba-tiba terasa guncangan, padahal kondisi jalan mulus.

6. Kemudi berbelok, tetapi roda susah mengikuti dan cenderung lurus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar